Ragam Jenis Kertas Di Industri Percetakan
Ragam Jenis Kertas Di Industri Percetakan

Ragam Jenis Kertas Di Industri Percetakan

Saat membeli buku apakah Anda memperhatikan jenis kertas yang dipakai? Dalam cetak buku umumnya menggunakan berbagai jenis kertas sesuai dengan kebutuhan, tidak semua buku menggunakan jenis kertas sama, tentu saja jenis kertas disesuaikan dengan permintaan atau disesuaikan dengan genre masing-masing buku dan juga biaya cetak buku, berikut biaya cetak buku dan jenis kertas yang biasanya digunakan bisnis percetakan.

Kertas HVS

Jenis kertas yang satu ini paling sering digunakan untuk mencetak isi buku, bahkan Anda bisa dengan mudah menemukannya di tempat fotocopy, selain itu kertas HVS banyak tersedia di toko alat tulis karena sering digunakan sebagai persediaan kertas cetak atau print di rumah.

Ada beberapa pilihan ketebalan kertas yang bisa Anda sesuai berdasarkan kebutuhan, ketebalan kertas HVS tersedia mulai dari 60 gram hingga 100 gram, tapi yang paling sering dipakai sebagai bahan cetak adalah kertas HVS dengan berat 70 gram, hanya saja ada kekurangan yang dimiliki kertas HVS dibanding kertas lainnya yaitu gramatur yang tinggi akan mempengaruhi ongkos pengiriman.

Art Paper

Jenis art paper juga sering disebut kertas konstruk cukup berbeda dengan jenis kertas HVS, jika kertas HVS memiliki permukaan kertas yang halus berbeda halnya dengan art paper yang cenderung licin, art paper juga memiliki beberapa tingkat ketebalan mulai dari 85 gram hingga 150 gram.

Karena kekurangannya yang cenderung licin inilah art paper jarang digunakan untuk cetak buku karena tintanya lebih mudah luntur, dibutuhkan tinta khusus agar tahan lama dan menambah estetika saat dicetak, biasanya art paper lebih sering digunakan untuk keperluan cetak lain seperti cetak brosur; katalog bahkan tiket konser.

Ivory

Apakah Anda pernah mendengar jenis kertas ivory? Jenis kertas yang satu ini mempunyai tekstur mirip dengan art carton atau art paper, bagian satu sisi kerta ivory glossy dan sisi lain doff sehingga memberikan kesan unik dibandingkan dengan jenis kertas lainnya, Anda bisa memilih kertas ivory untuk keperluan packaging atau box set dengan beberapa pilihan gramatur mulai dari 210 gram hingga 400 gram.

Kertas BW

Jenis kertas BW cukup sering digunakan sebagai kertas untuk menuliskan ucapan, salah satu alasannya adalah kertas BW memiliki ketebalan 160 gram hingga 250 gram yang membuatnya tidak mudah sobek, namun jenis kertas yang satu ini jarang digunakan oleh percetakan buku tapi bisa Anda temukan di tempat percetakan digital, kebanyakan jenis kertas BW digunakan untuk mencetak kartu nama bahkan cover buku.

Dari 4 jenis kertas di atas sebenarnya masih ada beragam jenis kertas yang digunakan di industri cetak buku, jadi saat akan cetak buku jangan hanya berfokus pada pemilihan jenis kertas tapi juga penyampaian isi atau naskah yang menarik serta biaya cetak buku.

Leave a Reply

Your email address will not be published.