Klinik Dokter Gigi Jakarta Timur: 4 Cara Merawat Gigi dan Manfaatnya untuk Kesehatan
Klinik Dokter Gigi Jakarta Timur: 4 Cara Merawat Gigi dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Klinik Dokter Gigi Jakarta Timur: 4 Cara Merawat Gigi dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Perawatan gigi sebaiknya dilakukan dengan hati-hati, pasalnya prosedur perawatan yang salah justru dapat berakibat fatal, misalnya merusak lapisan gigi, mengakibatkan gigi berlubang, dan gusi berdarah. Sebagai upaya pencegahan, mulailah dengan melakukan pemeriksaan ke klinik dokter gigi jakarta timur.

Cara merawat Gigi untuk Mencegah Gigi Berlubang

Bagaimana cara merawat gigi dengan benar? Dibawah ini beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk mencegah gigi berlubang sekaligus menjaga gigi tetap sehat, yaitu:

  • Batasi mengonsumsi minuman dan makanan manis

Sebisa mungkin anda harus membatasi mengonsumsi dan memakan makanan manis, karena dapat meningkatkan produksi asam yang bisa merusak lapisan pelindung gigi (enamel). Selain, membatasi minuman dan makanan manis, sebaiknya anda juga memperbanyak minum air putih agar kesehatan gigi tidak terganggu.

  • Menggosok gigi secara teratur

Gosoklah gigi secara teratur, yakni dua kali sehari selama dua menit dengan cara yang benar. Perawatan gigi tersebut bisa anda lakukan setiap pagi setelah sarapan, atau menunggu sekitar 30-60 menit. Terutama bagi anda yang mengonsumsi minuman atau makanan yang tergolong asam, seperti jeruk, kopi atau roti panggang. 

Dengan tujuan untuk mencegah enamel yang terkikis akibat minuman atau makanan yang bersifat asam tidak ikut terangkat ketika anda menggosok gigi. Selanjutnya, menggosok gigi dimalam hari sebelum tidur. Bertujuan untuk menghilangkan kuman dan plak dari sisa minuman dan makanan yang menumpuk sepanjang hari.

  • Pilih pasta gigi yang mengandung flouride

Klinik dokter gigi jakarta timur, perlu anda ketahui bahwa perawatan gigi dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride dapat menghambat tumbuhnya bakteri yang bisa menyebabkan gigi berlubang. 

  • Pakailah obat kumur

Menggunakan obat kumur atau cairan pembersih mulut bisa membantu membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau sikat gigi ataupun benang gigi. Tidak hanya itu saja, berkumur dengan obat kumur antiseptik setidaknya satu kali dalam sehari bisa mencegah pembentukan plak dan penyakit gusi.

Manfaat Merawat Gigi

Berikut ini manfaat melakukan perawatan gigi rutin ke klinik dokter gigi jakarta, diantaranya:

  • Meningkatkan rasa percaya diri

Gigi yang tampak putih, bersih dan napas yang segar secara tidak langsung akan meningkatkan rasa percaya diri anda, terutama ketika anda sedang tersenyum atau berbicara dengan orang disekitar anda.

  • Membantu menstabilkan gula darah

Apabila anda termasuk penderita diabetes, maka jaga dan rawatlah kesehatan gigi agar gula darah semakin stabil. Karena secara tidak langsung perawatan gigi dan mulut dapat mengontrol bakteri di dalam mulut sekaligus menjaga metabolisme tubuh, serta menstabilkan kadar gula darah. 

Jadi, penting bagi anda untuk selalu memastikan gigi dan gusi dalam kondisi yang sehat dengan pergi ke klinik dokter gigi jakarta timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.