Masih Ragu Menggunakan Genteng Metal? Ini Dia Kelebihannya untuk Rumah Anda
Masih Ragu Menggunakan Genteng Metal? Ini Dia Kelebihannya untuk Rumah Anda

Masih Ragu Menggunakan Genteng Metal? Ini Dia Kelebihannya untuk Rumah Anda

Saat Anda akan membangun rumah, tentunya ada banyak hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah genteng yang akan digunakan. Ada banyak sekali jenis genteng yang bisa digunakan, tergantung pada bahan atau material penyusun genteng tersebut. Salah satu yang sedang banyak digunakan saat ini adalah genteng metal pasir (metal roof)

Apa Itu Genteng Metal?

Genteng logam atau lebih dikenal dengan genteng metal merupakan atap bangunan yang bahan utamanya berupa logam. Jenis logam yang digunakan pada pembuatan genteng ini juga beragam, sehingga akan memberikan jenis genteng yang berbeda, seperti genteng metal tembaga, genteng metal galvalume steel, genteng metal pasir, genteng metal stainless steel dan lainnya.

Kelebihan Genteng Metal Berpasir

Salah satu yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah genteng metal berpasir yang memiliki ketebalan mulai dari 0,20 mm hingga 0,40 mm. Jenis genteng ini sangat cocok digunakan untuk bangunan rumah Anda, apalagi ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan genteng ini, diantaranya adalah

  1. Tidak membesarkan api

Kelebihan pertama dari genteng yang terbuat dari bahan zincalume dan zinz phospat ini adalah kemampuannya untuk tidak membesarkan api, jadi saat terjadi kebakaran, api tidak membesar dan tidak menyebar ke bagian lainnya.

Tidak hanya itu, saat musim hujan dan banyak petir, genteng ini juga cukup aman dari petir, paling tidak petir tidak akan membuat listrik rumah mengalami konsleting.

  1. Memiliki sifat anti karat

Atap yang selalu terkena panas dan hujan akan mudah berkarat, akan tetapi jenis genteng ini terbuat dari bahan anti karat yang membuat Anda tidak perlu repot-repot membersihkan karat pada genteng.

Lapisan anti karat pada genteng diberikan sebelum proses pewarnaan, hal ini membuat genteng lebih awet dan memiliki warna yang bagus.

  1. Tidak berisik

Genteng berbahan metal juga bisa meredam berisik yang terjadi di luar, baik itu suara hujan ataupun suara kendaraan, sehingga Anda bisa lebih nyaman berada di rumah tanpa perlu terganggu dengan suara berisik.

Genteng jenis ini juga terbuat dari bahan yang mampu memantulkan setidaknya 70% sinar matahari, hal ini membuat rumah terasa lebih sejuk meskipun matahari sedang terik-teriknya. 

  1. Tahan lama

Genteng dengan material metal memang sudah terkenal dengan ketahanannya terhadap cuaca, seperti tidak mudah pecah, anti karat, anti jamur, anti lapuk, dan juga anti rayap. Meskipun tidak dilakukan perawatan khusus, genteng ini bisa bertahan hingga 10 tahun bahkan lebih.

  1. Memiliki interlock system

Adanya interlock system ini membuat atap rumah sulit untuk dibobol dari luar, hal ini tentunya menghindarkan rumah Anda dari pencurian apalagi yang menggunakan atap sebagai akses masuknya.

Itulah beberapa kelebihan dari genteng metal pasir, jadi Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan jenis genteng ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.