5 Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Atap Longspan
5 Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Atap Longspan

5 Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Atap Longspan

Beberapa bahan bangunan terutama atap, terdapat penilaian dari segi kelebihan dan kekurangan masing-masing, banyak sekali ukuran atap longspan modern yang diaplikasikan dalam masyarakat dengan tujuan untuk memperindah tampilan bangunan / hunian. oleh karena itu berikut ini adalah beberapa jenis atap dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

  • Atap transparan

Atap transparan ini mempunyai kelebihan yaitu tampilannya yang modern, serta memberikan pencahayaan alami pada ukuran atap longspan jenis ini, biasa digunakan di rumah minimalis yang modern. Namun atap ini memiliki kekurangan yaitu, membuat ruangan panas, dan tidak kedap terhadap suara.

  • Pasir

Atap pasir ini memiliki banyak sekali kelebihan mulai dari tahan panas, kedap terhadap suara, tahan dari sapuan angin, tidak gampang pecah, sehingga atap ini biasa di aplikasikan di sekitar perumahan, karena yang sesuai dengan kondisi cuaca yang berubah. Namun terdapat sisi kekurangan yaitu atap ini tidak gampang pecah tapi rentan terhadap tekanan, warna pasir gampang terkelupas, dan daya redam panas masih relative rendah.

  • Lengkung

Bentuk atap terdapat berbagai pilihan namun bentuk atap yang paling menarik menurut kebanyakan orang adalah bentuk atap yang melengkung, Kelebihan dari bentuk ukuran atap longspan yang melengkung ini adalah mengurangi beban angin, mampu mengisi ruangan dengan cahaya yang alami, dan ruangan yang terlihat lebih luas. Sedangkan kekurangannya adalah ruangan yang mudah panas, tidak kedap suara ketika hujan, warna mudah pudar.

  • Zincalume

Atap sincalume adalah besi yang berlapis baja. Kelebihan dari atap ini adalah tidak gampang bocor, pemasangan yang mudah, cepat pemasangan. Namun mengenai kekurangannya adalah atap ini gampang panas, bisa mengalami korosi, warna berubah, dan tidak kedap suara.

  • Cliplock

Atap Cliplock merupakan atap longspan modern yang dalam pemasangannya dapat terkunci sendiri tanpa harus kita membuat kuncian sendiri. Kelebihan dari atap ini adalah yang bisa dikunci ketika dipasang, tidak gampang memudar, tahan akan panas, banyak pilihan warna, dan pemasangan yang mudah. Sedangkan kekurangannya adalah tidak kedap suara akan hujan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.