Cek Ciri Kalender Ovulasi Pada Wanita Buat Program Kehamilan
Cek Ciri Kalender Ovulasi Pada Wanita Buat Program Kehamilan

Cek Ciri Kalender Ovulasi Pada Wanita Buat Program Kehamilan

Sebagai pasangan suami istri yang sedang merencanakan kehamilan, maka mengetahui kalender ovulasi atau masa subur menjadi hal sangat penting. Seperti sudah diketahui, ketika anda sedang merencanakan kehamilan, selain berkonsultasi dengan ahli kandungan, anda dan pasangan juga perlu mengetahui kalender dari ovulasi tersebut sehingga peluang hamil ketika berhubungan seksual jauh lebih tinggi. 

Ovulasi adalah masa subur dari wanita dimana ovarium akan melepaskan sel telur yang siap dibuahi oleh sel sperma sehingga terjadi kehamilan tersebut. Adapun terjadinya biasanya adalah sekitar masa menstruasi dari anda. Apabila sekali terlepas, maka sel telur tersebut akan langsung berputar-putar dalam tabung falopi selama kurang lebih 24 jam. 

Pentingkah Mengetahui Kalender Ovulasi 

Sebagian besar dari anda pastinya akan bertanya-tanya bukan apakah penting dalam mengetahui kalender ovulasi atau masa subur tersebut? jawabannya adalah penting karena peluang tinggi seorang wanita hamil adalah ketika sedang mengalami ovulasi tersebut. 

Sebagai contohnya adalah sel telur yang dilepas ketika masa subur tersebut hanya mampu bertahan 12 hingga 24 jam. Oleh Sebab itulah, mengetahui bagaimanakah cara menghitung masa subur sangat penting bagi para pasangan suami istri sehingga dapat mengintensifkan hubungan seksual tersebut. 

Berdasarkan dengan riset, pasangan suami istri harus melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan pengaman ataupun alat KB setidaknya 5 hari sebelum masa ovulasi tersebut. Sebab biasanya, sel sperma akan bertahan di dalam organ reproduksi dari wanita selama kurang lebih 3-5 hari. Dengan begitu, maka sel sperma itulah bisa langsung membuahi sel telur ketika dilepaskan dalam masa subur. 

Tetapi sebagai catatan bahwa kalender ovulasi atau masa subur sebaiknya jangan pernah digunakan buat menentukan hari ovulasi ataupun metode kontrasepsi. Untuk mengetahui masa subur pada wanita, sebenarnya juga bisa dilihat dari beberapa ciri-ciri. 

Ciri-ciri Wanita Dalam Masa Subur 

Seperti telah disinggung sebelumnya, untuk mengetahui apakah anda sedang berada di masa subur ataukah tidak ternyata cukup mudah. Sebab terdapat beberapa gejala yang biasanya akan timbul tersebut diantaranya adalah sebagai berikut 

  1. Alat Tes Masa Subur Menunjukkan Hasil Positif 

Salah satu ciri apabila anda dalam masa subur adalah alat tes masa subur tersebut menunjukkan hasil positif. Jadi bisa dibilang ini adalah waktu paling tepat buat melakukan hubungan seksual dengan pasangan sehingga peluang mendapatkan momongan jauh lebih besar. 

  1. Lendir dari Serviks Seperti Putih Telur 

Tanda lainnya adalah dilihat dari kualitas lendir serviks dimana merupakan cairan yang keluar dari serviks mendekati masa ovulasi. Biasanya juga disebut dengan keputihan tetapi mempunyai tekstur dan warna sama seperti dengan putih telur yakni bening, transparan, hingga licin. 

  1. Adanya Perubahan Suhu Basal Didalam Tubuh 

Adanya perubahan suhu basal di tubuh ternyata juga menjadi tanda bahwa anda sedang memasuki masa subur. Adapun suhu tersebut biasanya mulai dari 35,5-36,6 derajat Celsius. 

Mengetahui masa subur dari wanita memang sangat penting karena akan berpengaruh terhadap peluang kehamilan nantinya. Untuk itulah, pastikan anda memahami cara menghitung kalender ovulasi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.