Ingin Jual Mesin Genset? Begini Cara Kerjanya
Ingin Jual Mesin Genset? Begini Cara Kerjanya

Ingin Jual Mesin Genset? Begini Cara Kerjanya

Penggunaan genset kian hari semakin banyak dicari, para agen jual mesin genset pun semakin bertambah. Seiring dengan semakin banyaknya perindustrian di Indonesia, menjadikan mesin genset sebagai alat utama pembuat listrik cadangan jika terjadi pemadaman listrik oleh pihak PLN.

Mesin genset

Mesin genset adalah singkatan dari generator set yang berfungsi untuk menghasilkan arus listrik dengan kapasitas tertentu melalui perubahan energi mekanik yang diubah menjadi arus listrik. 

Genset ditemukan sejak tahun 1831 oleh penemu bernama Michael Faraday. Awal mula genset hanya terbuat dari kawat besi berbentuk “U” yang kemudian dililitkan menggunakan gulungan kawat. Dahulu alat tersebut diberi nama mesin generator cakram faraday.

Banyak kegunaan genset dalam kehidupan sehari-hari. Berkat adanya mesin genset, kegiatan yang membutuhkan listrik dapat tetap berjalan meskipun arus listrik dari PLN padam. Karena hal tersebut, penggunaan genset semakin banyak dicari. 

Penggunaan genset tidak hanya di rumah hunian saja, tetapi pada dunia industri seperti pabrik, pertokoan, gedung serbaguna, bahkan hotel dan apartemen juga banyak yang menggunakan genset. 

Bahkan sering kali dijumpai dalam acara outdoor dan acara besar lainnya juga menggunakan genset sebagai sumber daya arus listrik. Saking banyaknya peminat genset agen jual mesin genset bertambah.

Komponen genset

  1. Mesin

Komponen utama genset adalah mesin, yang mana mesin sebagai sumber energi input mekanis pada generator. Bentuk mesin lurus searah dengan output daya optimum yang disuplai generator. Mesin genset dapat bekerja dengan memanfaatkan beberapa sumber bahan bakar diantaranya, solar, bensin, dan propana.

  1. Alternator

Komponen ini adalah bagian yang dapat menghasilkan listrik, sehingga semua komponen dapat bekerja. 

  1. Pengisian baterai

Baterai menjadi komponen utama genset, karena genset dapat bekerja ketika baterai sudah terisi. Pengisian dilakukan dengan tegangan arus yang stabil, agar dapat terisi penuh.

  1. Bahan bakar

Tangki bahan bakar genset biasanya hanya mempunyai kapasitas sekitar 6 sampai 8 jam saja untuk menjaga genset agar tetap bekerja secara optimal.

Cara kerja genset

Genset bekerja dengan mengubah energi mekanik menjadi arus listrik. Pada dasarnya mesin genset tidak sepenuhnya menghasilkan listrik, melainkan menggunakan bantuan energi mekanik yang membuat perputaran secara terus menerus pada muatan listrik kawat melalui sirkuit listrik eksternal.

Perubahan energi dari bahan bakar genset menjadi energi mekanik (gerak), dan kemudian diubah lagi menjadi energi listrik oleh alternator. Kemudian dipasok oleh komponen pada genset.

Sebelum membeli genset di agen jual mesin genset, pastikan kamu mengetahui cara penggunaan genset yang baik dan benar. Dan pilih mesin genset sesuai dengan kebutuhanmu. Tentunya pastikan mesin dan komponen lain dalam generator set dapat berfungsi dengan semestinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.