Mengenal Koperasi Simpan Pinjam Serta Tujuannya
Mengenal Koperasi Simpan Pinjam Serta Tujuannya

Mengenal Koperasi Simpan Pinjam Serta Tujuannya

Membahas mengenai koperasi simpan pinjam tidak akan jauh-jauh dari usaha rakyat yang berbentuk koperasi. Koperasi disebut sebagai perekonomian rakyat di Indonesia. Lembaga keuangan ini lebih dekat dengan masyarakat karena bisa digunakan untuk melakukan pinjaman jangka panjang maupun pendek. Berikut pengertian lembaga koperasi secara detail.

Apa Itu Koperasi Simpan Pinjam?

Secara pengertian koperasi adalah sebuah lembaga keuangan yang berdiri bukan dari bank. Aktivitas usaha yang dilakukan koperasi ini adalah memberikan layanan penyimpanan serta pinjaman untuk anggotanya.

Pengertian koperasi ini sudah diatur oleh POJK. Bahkan, ada aturan yang mengatur pengertian tersebut. Dalam aturan tersebut mengatur tentang penyelenggaraan usaha keuangan dalam basis mikro.

Lembaga koperasi juga harus tunduk pula terhadap UU yang berisi tentang  perkoperasian. Lembaga keuangan mikro ini akan memberikan  pinjaman uang  yang biasanya digunakan sebagai modal untuk anggotanya.  Dalam artian, bila ada orang yang ingin melakukan usaha dan tidak memiliki modal bisa melakukan pinjaman di koperasi terdekat.

Sebuah koperasi simpan pinjam biasanya lebih dikenal dengan sebutan KSP atau Kospin Jasa.  Saat menjalankan usaha KSP akan mengelola keuangan atau modal  melalui Simpanan wajib, simpanan sukarela, dan simpanan pokok dari anggota.

Dana yang didapatkan koperasi  bisa dari skema  dana cadangan yang berasal dari SHU atau dana sisa hasil usaha. Tidak hanya itu, koperasi juga mendapatkan dana dari pengurus koperasi yang biasanya dipinjamkan, dan dana hibah.

Tujuan Berdirinya Lembaga Koperasi

  1. Mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi di Indonesia

Secara praktiknya lembaga koperasi akan membantu menstabilkan perekonomian yang ada di masyarakat. Hal ini karena anggota koperasi bisa melakukan aktivitas simpan pinjam dan pengelolaan uang yang membantu untuk mendukung sistem keuangan mereka.  Secara tidak langsung lembaga ini akan membantu perekonomian masyarakat di Indonesia.

  1. Dapat membangun hubungan baik dengan para anggotanya

Menjadi anggota sebuah koperasi bisa jadi akan memiliki anggota keluarga baru. Hal ini karena akan terjalin secara kuat hubungan sesama anggota. Bahkan, anggota bisa memiliki sebuah grup atau komunitas dan bisa saling bercerita atau berkeluh kesah.

  1. Digunakan sebagai tempat penyimpanan selain bank

Untuk saat ini, bisa dibilang Anda  merasa koperasi adalah tempat yang digunakan untuk melakukan penyimpanan serta peminjaman uang secara tradisional. Namun, sebagian orang koperasi ini lebih mudah dibandingkan penggunaan mesin otomatis yang biasa tidak dimengerti orang-orang tua. Untuk itu koperasi aman untuk melakukan simpan pinjam.

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai koperasi simpan pinjam serta tujuan dari pembangunan lembaga tersebut. Banyak orang memilih koperasi tersebut karena tidak ada biaya administrasi dan juga bisa mengikuti perkembangan zaman.  Kalau Anda ingin bergabung dengan koperasi pilihlah lembaga yang terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.