4 Perbedaan Besi Hollow Galvanis Dan Besi Hollow Hitam
4 Perbedaan Besi Hollow Galvanis Dan Besi Hollow Hitam

4 Perbedaan Besi Hollow Galvanis Dan Besi Hollow Hitam

Besi hollow merupakan jenis besi yang dirancang dan dibuat khusus sehingga memiliki semacam rongga pada bagian tengah besi. Rongga pada besi hollow ini sengaja dibuat untuk memudahkan konstruksi, terdapat berbagai jenis dan ukuran besi hollow. Harga jual besi hollow juga tergantung pada jenisnya. Berikut ini perbedaan dari jenis besi hollow hitam dan hollow galvanis.

  1. Berdasarkan bahan penyusun

Perbedaan pertama dilihat dari komponen atau bahan penyusun. Besi hollow galvanis tersusun atas 97% zinc, aluminium dan zat kimia lainnya. Sedangkan besi hollow hitam tersusun atas lapisan-lapisan baja hitam yang kuat dan tebal. Baik besi hollow hitam maupun besi hollow galvanis sering digunakan dalam berbagai kegiatan konstruksi.

  1. Dilihat dari ketahanan terhadap karat

Perbedaan kedua yang dilihat dari sifat dan ketahanan terhadap karat. Besi hollow galvanis cenderung lebih tahan karat jika dibandingkan dengan besi hollow hitam. Hal ini dikarenakan besi hollow galvanis mengandung zinc yang dapat tahan terhadap karat. Selain itu pada besi hollow galvanis ada satu lapisan bahan anti keropos dan karat.

  1. Berdasarkan kegunaannya dalam dunia konstruksi

Selanjutnya yakni perbedaan besi hollow hitam dan galvanis dilihat dari fungsi atau kegunaanya. Besi hollow hitam lebih cocok digunakan sebagai saluran bahan gas, hingga bahan pembuatan pagar. Sedangkan besi hollow galvanis lebih cocok digunakan sebagai material penyusun saluran air dan pembuatan kanopi atap. Kedua jenis ini sama-sama kuat dan bisa bertahan sampai lama yakni sampai bertahun-tahun.

  1. Dilihat dari perbedaan harga

Yang terakhir dilihat dari perbedaan harga, harga jual besi hollow hitam cenderung lebih murah dibandingkan harga jual besi hollow galvanis. Ketentuan harga jual ini dilihat dari bahan penyusunnya. 

Itulah beberapa perbedaan dari jenis besi hollow hitam dan hollow galvanis. Selain dilihat dari bahan penyusun, harga jual besi hollow yang berbeda, juga tergantung dari ukurannya. Besi hollow dapat digunakan untuk kegiatan konstruksi mulai dari pembuatan atap hingga pembuatan tangga besi hollow dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.