Semakin Melejit! Cermati Keunggulan dan Kelemahan Atap Metal Pasir untuk Rumah Baru
Semakin Melejit! Cermati Keunggulan dan Kelemahan Atap Metal Pasir untuk Rumah Baru

Semakin Melejit! Cermati Keunggulan dan Kelemahan Atap Metal Pasir untuk Rumah Baru

Bagi kamu yang ingin membangun rumah baru, atau ingin renovasi, dan sedang bimbang untuk jenis atap yang akan digunakan, simak beberapa kelebihan dan kekurangan dari atap metal pasir yang bisa jadi pertimbangan keputusan kamu. Sebelum itu, mari kita bahas apa itu atap metal pasir terlebih dahulu.

Apa itu Atap Metal Pasir?

Atap metal pasir merupakan salah satu jenis Atap yang terbuat dari bahan material berupa metal atau logam baja galvalume az 100, zincalume, zinc phospat, dan dilapisi bahan kasar semacam pasir yaitu campuran coralatex.

Kelebihan Atap Metal Pasir

  1. Tahan Panas

Adanya lapisan pasir dari material atap metal pasir ini dapat berfungsi untuk menahan sinar matahari agar tidak tembus dan masuk ke dalam rumah. Sehingga rumah kamu tetap nyaman tanpa perlu merasa kepanasan di siang hari.

  1. Tahan Karat

Dalam proses pembuatannya, Atap atap metal akan terlebih dahulu dilapisi cairan anti karat sebelum lanjut untuk tahap pewarnaan. Jadi, walaupun terbuat dari bahan metal, kamu tidak perlu khawatir akan menghabiskan duit untuk memperbarui atau mengganti atap yang berkarat terlalu sering akibat paparan sinar matahari atau guyuran hujan.

  1. Kokoh dan Tidak Mudah Bergeser

Kelebihan dari Atap metal pasir dibandingkan Atap konvensional yaitu adanya sistem kuncian antara satu Atap dengan Atap lainnya. Jadi, walaupun sedang diinjak atau dipindahkan, atap metal tidak mudah bergeser dan tetap berada di tempat semula. Sekalipun ada angin kencang, kuncian pada atap metal pasir dapat berfungsi dengan baik untuk melindungi rumah kamu

  1. Mampu Meredam Suara

Bahan material yang digunakan atap metal pasir juga dapat berfungsi untuk meredam suara-suara bising dari luar rumah seperti suara hujan, petir, bising suara pabrik, dan lain-lain. Sehingga orang yang berada di dalam rumah atap metal tetap nyaman tanpa harus terganggu oleh keributan dari luar rumah. Sangat cocok bagi keluarga yang masih mempunyai anak usia sekolah agar konsentrasi belajarnya tetap terjaga.

  1. Tidak Mudah Terbakar

Material dari Atap atap pasir tidak dapat menghantarkan api, sehingga dapat meminimalisir kebakaran.

  1. Model dan Harga Bervariasi

Model yang ditawarkan oleh atap metal pasir beragam dan memiliki banyak pilihan ukuran, ketebalan, dan lain-lain. Sehingga dapat kamu sesuaikan dengan selera dan kebutuhan rumah agar terlihat lebih menarik. Atap metal pasir biasanya dijual per lembar dengan ukuran yang berbeda-beda, mulai dari 30cm – 70 cm x 80 cm. Harga atap metal pasir berkisar mulai dari Rp.25.000 hingga Rp.110.000.

Kekurangan Atap Metal Pasir

  1. Rentan Tekanan

Tingkat ketebalan Atap metal pasir berbeda-beda setiap jenisnya, semakin kecil ukuran ketebalannya, maka tingkat ketahanan untuk menahan beban atau panas dari luar juga semakin rendah.

  1. Mudah Luntur dan Terkelupas

Walaupun anti karat, tetapi warna atau hasil cat dari Atap ini terbilang mudah pudar atau terkelupas. Sehingga untuk menjaganya, kamu harus sering melakukan pengecatan ulang atau melakukan perawatan lain agar lebih awet.

Itulah profil singkat tentang atap metal pasir beserta keunggulan dan kelebihan yang dimilikinya. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan ketika kamu akan memilih atap yang cocok untuk rumah barumu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.